Imajinasi sebagai seorang manusia yang juga digabungkan dengan foto-foto permukaan Mars bisa menghasilkan objek yang di luar perkiraan, dengan alasan karena imajinasi tersebut kita jadi membayangkan adanya karpet, logo Star Trek hingga Pac-Man di planet yang merah tersebut.

Pada kesempatan kali ini, tim dibalik kamera HiRise yang terpasang di Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik NASA menangkap foto ‘naga’ di permukaan Mars. Foto tersebut dibagikan pada akhir pekan lalu sebagai bagian dari HiRise Picture of the Day.

“Kami memutar foto material blocky berwarna cerah di barat daya Melas Chasma ini karena dari sudut pandang ini, foto tersebut menyerupai naga China yang melegenda,” tulis tim HiRise dalam cuitannya yang dikutip detikINET dari Cnet pada hari Selasa tanggal 14 April 2020.

Dalam situs resmi HiRise yang dioperasikan oleh University of Arizona ada penjelasan singkat tentang topografi Mars yang ditangkap oleh kamera tersebut.

“Beberapa endapan berwarna cerah hanya terlihat di lembah-lembah, menunjukkan bahwa itu merupakan endapan atau terekspos oleh erosi,” yang tulis mereka.

Melas Chasma merupakan salah satu bagian dari sistem ngarai Valles Marineri yang berada di khatulistiwa Mars. Dalam rilis yang diterbitkan NASA pada tahun 2017, Melas Chasma disebut sebagai lokasi yang memiliki bukti adanya pergerakan air dan angin.

Kamera HiRise sebenarnya pertama kali mengambil foto ini pada tanggal 4 Juli 2007 dari ketinggian 258 km. Foto ini menunjukkan besarnya arsip foto yang diambil HiRise selama 14 tahun mengorbit di planet Mars.

Ini bukan satu-satunya makhluk legendaris yang pernah ditangkap oleh kamera HiRise. Sebelumnya mereka pernah mengambil foto menyerupai serigala dari serial Game of Thrones.

Sumber : detik.com


BACA ARTIKEL LAINNYA