Mobil Polisi Kepergok Parkir di Trotoar, Siapa yang Berhak Menilang

Berbagau macam masalah yang berkaitan dengan ruang publik untuk pejalan kaki menjadi salah satu permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat. Ketersediaan akses trotoar yang memadai merupakan salah satu faktor yang sering dikeluhkan oleh para pejalan kaki.

Tidak hanya itu saja, apabila kondisi trotoar yang terbatas ternyata digunakan untuk kepentingan lain seperti berjualan yang mana sebagai jalan lintas kendaraan bermotor, atau bahkan sebagai tempat parkir.

Loading...

Meskipun peraturan parkir yang menyebutkan larangan parkir di trotoar telah diatur dalam peraturan daerah namun tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggaran parkir di trotoar masih saja terjadi. Yang mengejutkan lagi bahkan pelanggaran tersebut tidak hanya dilakukan oleh masyarakat umum, tetapi juga aparat kepolisian.

Seperti yang terjadi di kawasan pejalan kaki yang berada dikawasan Menteng, Jakarta Pusat bahwa seorang pengguna Twitter pada hari Selasa tanggal 18 Februari 2020 telah mengunggah adanya foto mobil polisi yang mana pada saat itu sedang parkir di tengah trotoar yang menghalangi lalu lintas pejalan kaki.

Tidak hanya memotret foto kejadian bahkan sang pemilik akun juga mention akun twitter instansi kepolisian seperti @DivHumas_Polri, @NTMCLantasPolri, dan @TMCPoldaMetro. Kicauan yang juga di-retweet oleh akun @trotoarian ini pun mendapat 314 retweet dan 418 likes.

Lantas, siapakah yang berhak menilang pelanggaran yang dilakukan oleh aparat?

Apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh polisi, maka yang bertugas menindak pelanggaran tersebut merupakan Provos.

Dikutip dari laman polri.go.id, Provos bertugas untuk melakukan penegakan disiplin dan ketertiban di

Sumber : suara.com



BACA ARTIKEL LAINNYA
Loading...