gejala jantung koroner

Ketahui Gejala Penyakit Jantung Koroner dari Sekarang

Posted on

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakt pembunuh paling ditakuti dan penyebab utama kematian di dunia saat ini. Oleh karena itu, gejala penyakit jantung koroner sangat penting untuk diketahui oleh setiap orang. Penyakit jantung koroner banyak menyerang usia produktif.

Ada banyak sebab yang mengakibatkan seseorang terkena penyakit jantung koroner. diantaranya yaitu perokok aktif, kadar kolesterol yang tinggi, gizi tidak seimbang, obesitas, gaya hidup yang tidak sehat, hingga riwayat keluarga.

Loading...

Gejala Penyakit Jantung Koroner Pada Pria

Gejala penyakit jantung koroner pada pria berbeda dengan gejala yangg terjadi pada wanita. Sebuah statistik menunjukkan bahwa penyakit ini umum terjadi pada orang tua dan pria dibandingkan dengan wanita usia yang sama. Penyakit ini disebabkan oleh menyempitnya saluran arteri karena tertutup plak sehingga tidak mampu memasok darah dan oksigen ke jantung. Pada seorang pria, gejala yang umum adalah rasa nyeri pada bagian dada.

Pada seorang wanita, gejala jantung koroner biasanya berupa menurunnya kondisi fisik sehingga mudah lelah. Penyakit jantung koroner menyerang pria berusia 40 tahun ke atas dengan risiko yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan wanita usia yang sama. Nyeri yang dirasakan seorang pria pada bagian dada biasanya akan terasa seperti ada yang mengganjal di dalam dada.

Perasaan terbakar dan sesak nafas juga mungkin dirasakan. Seseorang dengan gejala penyakit jantung koroner akan sering merasa sakit pada bagian dada, sesak nafas, detaj jantung tidak teratur, sampai mati rasa pada bagian dada. Hal ini karena saat sedang berolahraga, tubuh akan membutuhkan lebih banyak pasokan darah, sedangkan seseorang dengan gejala jantung koroner maka arteri tidak mampu memasok darah secara lancar ke jantung. Jika anda sering mengalami hal ini saat sedang berolahraga, segeralah periksakan kondisi anda pada dokter.

Untuk mencegah terjangkit penyakit jantung koroner, maka hindarilah kebiasaan-kebiasaan yang berakibat buruk pada kesehatan anda seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung minyak, kelebihan lemak, dll. Penyakit jantung koroner juga memungkinkan akibat turunan atau genetik. Oleh karena itu, menjaga kesehatan itu sangat penting agar terhindar dari gejala penyakit jantung koroner.



BACA ARTIKEL LAINNYA
Loading...
Gravatar Image
Jalan perlahan daripada duduk terdiam.