gejala penyakit jantung

Gejala Penyakit Jantung Dan Cara Mencegahnya

Posted on

Berdasarkan data angka kematian yang dihimpun kementerian kesehatan, penyakit jantung merupakan penyakit yang paling mematikan di Indonesia. Gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya menjadi sangat penting untuk diketahui oleh semua orang di Indonesia. Hal ini karena penyakit jantung dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Gejala penyakit jantung yang mudah dikenali

Gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya merupakan hal yang vital untuk diketahui. Ada berbagai gejala penyakit jantung yang mudah dikenali, akan tetapi sebagian orang yang mengalami gejala tersebut menganggap bahwa gejala yang timbul adalah sakit biasa yang mungkin terjadi pada setiap orang, padahal gejala tersebut jika terjadi dalam waktu yang berdekatan dapat diindikasikan sebagai gejala penyakit jantung.

Loading...

Seorang wanita biasanya akan mendapatkan peringatan dini serangan jantung, seperti misalnya mudah merasa lelah serta keringat yang keluar dalam jumlah banyak secara tiba-tiba tanpa didahului aktivitas fisik. Selain itu, pada wanita dengan gejala penyakit jantung maka sewaktu-waktu memungkinkan untuk merasa mual dan ingin muntah.

Gejala penyakit jantung yang lain yaitu sulit tidur dan denyut jantung yang tidak teratur dan berdegup kencang, gejala seperti ini juga mungkin dialami oleh pria. Indikasi yang paling kuat yaitu rasa nyeri pada dada sebelah kiri. Nyeri yang dirasakan berupa remasan pada organ dada bagian dalam.

Cara mencegah penyakit jantung

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena penyakit jantung. Berikut adalah cara pencegahannya;

Olahraga Teratur

Olahraga baik bagi kesehatan, dengan berolahraga maka jantung akan berdenyut lebih cepat sehingga kadar oksigen yang dialirkan ke tubuh bersama darah semakin banyak.

Pola Makan Yang Sehat

Makanlah menu yang sehat seperti bahan-bahan yang mengandung omega 3, buah-buahan, sayur-sayuran, susu, protein dll. Makanlah dengan porsi yang cukup.

Tidak Merokok

Nikotin dan zat karbonmonoksida yang terdapat pada sebatang rokok tidak baik bagi kesehatan. Zat-zat ini dapat menyebabkan rusaknya dinding pembuluh darah sehingga kolesterol jahat mudah mellekat dan menjadi plak pada pembuluh darah.

Hindari Alkohol

Alkohol jika diminum dalam porsi yang besar maka akan membahayakan kesehatan jantung anda, untuk itu hindari minuman yang mengandung alkohol dari sekarang.

Itulah beberapa gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya yang semoga bermanfaat bagi anda.

 



BACA ARTIKEL LAINNYA
Loading...
Gravatar Image
Jalan perlahan daripada duduk terdiam.