Kalau zaman dulu, uang dua ribu rupiah sudah bisa beli satu mangkok bakso, kalau sekarang, jangankan dapat baksonya, dapat tahu-nya saja sudah untung guys. Ya, begitulah tahun 90-an, semua serba murah dan menyenangkan. Makanya, dulu nilai uang begitu berharga meskipun nilainya sangat kecil.

Nah bicara mengenai uang, setiap waktunya akan selalu ada model uang baru yang dicetak Bank Indonesia. Alhasil, uang yang versi lama pun lama-lama terpinggirkan dan bahkan tak berlaku lagi.

Sebagian orang memilih menukarnya di bank dengan yang baru, padahal jika anda tahu, nilainya di masa mendatang bisa jauh lebih besar dari nilai mata uang itu sendiri. Fakta ini memang benar adanya. Beberapa uang lama khususnya yang di tahun 90-an, harganya sudah melejit luar biasa? Tidak percaya? simak ulasannya dibawah ini:

1 Dulu Uang Rp 10 ribuan ini hanya bisa beli bensin, sekarang bisa DP motor

Uang 10 ribuan ini dikeluarkan mendekati jaman krismon tahun 1998. Dulunya, uang segini mungkin hanya bisa beli bensin. Sekarang, kalau kamu punya lima lembar saja, bisa jadi nilainya sudah setara dengan DP motor baru. Bagaimana bisa? Karena kalau kamu tahu nilainya sekarang, uang ini dihargai hingga Rp 600 ribu.

Hal ini dikarenakan uang-uang dulu banyak dipakai sebagai mahar dalam perkawinan. Tapi memang saat ini belum banyak yang tahu kalau nilainya sudah bertambah hingga 60 kali lipat.

2 Dengan dua lembar Rp 100, Kamu sudah bisa bawa pulang PS3

Jangan karena nominalnya kecil, makanya kamu anggap enteng uang pecahan 100 ini. Lihat apa yang terjadi sekarang, uang ini sudah dihargai hingga Rp 1 juta di situs online shop. Dengan nilai pertambahan yang mencapai 10 ribu kali lipat, sepertinya kamu bisa membawa 1 unit PS 3 cukup dengan tiga lembar uang seratus rupiah ini.

3 Si Monyet yang balas dendam

Mungkin diantara kamu banyak yang trauma dengan duit satu ini? Ya, di zaman dulu, uang 500 rupiah ini sering kali dijadikan bahan ejekam karena ada gambar monyetnya. Tapi penderitaan si monyet sepertinya sudah berakhir dan tibalah masa jayanya.

Di masa sekarang, uang monyet ini sudah dihargai dengan nominal sangat fantasti. Satu lembarnya saja dijual di angka Rp 1,5 juta. Kalau sudah tahu seperti ini, kamu-kamu yang pernah menyelepekan si Monyet pasti bakal telan ludah sendiri. Pasalnya, hanya dengan 1 lembar uang monyet, minimal kamu sudah bisa dapat sneakers branded baru.

4 Dulu buat beli Tamiya, Sekarang bisa tuk beli Sepeda

Dengan harga Tamiya dulunya mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 50 ribu, sepertinya semua anak bisa langsung membelinya dengan uang ini. Tapi sekarang, bukan hanya Tamiya yang bisa kamu beli, tapi sebuah sepeda gowes bisa dibawa pulang ke garasi rumah kamu hanya dengan satu lembar uang Rp 50 ribu ini.

Ya, harga jual di toko online untuk uang ini terbilang besar. Paling tinggi para penjual menawarkannya hingga Rp 1,5 juta. Hebat bukan?

5 Hanya Butuh Empat Lembar uang ini, Kamu sudah bisa naik motor baru

Kalau sekarang, uang Rp 5 ribu kesannya hanya bisa beli mie instan. Lain halnya dengan jaman pak Harto, nilai uang ini masih cukup signifikan hingga krisis moneter melanda. Tapi sekarang, nilai uang ini sudah kembali berlipat-lipat.

Uang yang terakhir dibahas ini nilainya paling tinggi diantara empat lainnya. Harga jualnya mencapai Rp 3 juta per lembarnya, Wouww! Kenapa bisa ini terjadi? Karena uang ini memang sangat langka, jangankan sekarang, dulu saja uang Rp 5 ribu bergambar Sasando ini sulit kamu dapatkan. Ya bisa dibilang, dialah raja uang kuno saat ini.

Bagaimana? Jika kamu masih menyimpan salah satu dari uang diatas, berarti kamu orang yang beruntung.

Sumber : oretzz


BACA ARTIKEL LAINNYA