cara pencegahan penyakit jantung

Berbagai Gejala Penyakit Jantung dan Cara Pencegahannya

Posted on

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh nomor satu di Dunia. Gejala penyakit jantung dan cara pencegahannya menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui demi mengurangi risiko yang lebih besar yang mungkin terjadi pada penderitanya. Risiko penyakit jantung sendiri yang terparah yaitu meninggal dunia.

Gejala Penyakit Jantung Pada Pria dan Wanita

Gejala penyakit jantung dan pencegahannya perlu diketahui baik oleh pria maupun wanita, karena baik pada pria maupun wanita sama-sama memiliki risiko kematian sebagai risiko terparah terkena penyakit jantung. Pada pria, umumnya serangan pertama yang disadari adalah rasa sakit pada bagian dada yang terjadi selama beberapa menit.

Loading...

Rasa sakit ini seperti ada organ atau bagian yang teremas pada bagian dalam dada. Selanjutnya yaitu rasa nyeri pada dada bagian kiri, rasa nyeri ini mungkin untuk meyebar ke bagian lengan, leher, serta punggung bagian atas. Detak jantung yang semakin cepat, mudah merasa lelah, serta keringat berlebih adalah gejala yang biasnya tidak disadari oleh seorang pria.

Sedangkan pada wanita, biasanya muncul gejala dini seminggu sebelum terjadinya serangan jantung. Gejala yang mungkin terjadi pada wanita yaitu merasa kelelahan yang sangat padahal tidak melakukan aktivitas yang menguras kekuatan fisik. Selain itu, wanita dengan gejala penyakit jantung memungkinkan untuk mendapatkan ganguanpencernaan yang menyebabkan seorang wanita mual dan merasa ingin pingsan.

Sebagian orang beraggapan bahwa gejala-gejala yang terjadi pada orang dengan gejala penyakit jantung mengabaikannya dan mengangggapnya sebagai hal yang wajar terjadi, sehingga tidak segera memeriksakannya pada dokter atau di rumah sakit. Padahal kepekaan dalam menanggapi gejala yang ada akan meminimalisasi kemungkinan risiko yang mungkin timbul.

Cara Pencegahan Peyakit Jantung Pada Pria dan Wanita

Ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi risiko terkena serangan jantung yang dapat dilakukan. Beberapa hal berikut ini dapat anda terapkan dalam mencegah terjadinya gejala penyakit jantung;

  1. Berhenti merokok. Merokok adalah salah satu penyebab terbesar beberapa penyakit dengan risiko kematian yang tinggi seperti jantung koroner dan kanker. Dengan berhenti merokok maka anda akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan segar
  2. Mengonsumsi antioksidan. Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan endapan pada pembuluh darah, untuk itu, dengan minum antioksidan maka memungkinkan anda untuk meminimalisasi endapan pada pembuluh darah anda.
  3. Berhenti minum alkohol. Berhentilah meminum minuman yang mengandung alkohol dari sekarang.
  4. Memantau kolesterol dalam darah. Hal ini karena lipid darah termasuk kolesterol jahat yang merupakan penumbang utama serangan jantung.
  5. Olahraga teratur. Melakukan olahraga secara teratur akan membuat peredaran darah menjadi lancar sehinggga meminimalisasi endapan plak pada pembuluh darah.
  6. Menerapkan gaya hidup sehat akann membantu anda terhindar dari berbagai macam penyakit.

 



BACA ARTIKEL LAINNYA
Loading...
Gravatar Image
Jalan perlahan daripada duduk terdiam.